SELAMAT DATANG!!!!!

SILAKAN MEMBACA BLOG SAYA, KALAU ADA KEKURANGAN KASIH COMMENT DI SHOUTBOX YAAAA

Rabu, 02 Juli 2008

FootballClopedi ; Kepemilikan Klub Oleh Fans

Pada 13 November 2007, sebuah sejarah tercipta di sepak bola Inggris ketika kepemilikan Ebbsfleet united, sebuah klub semiprofesional, diambil alih oleh situs MyFootballClub.co.uk(MyFC). Ini sekaligus terobosan baru dalam kepemilikan klub sepak bola. Keberhasilan MyFC lantas memicu minta beberapa pihak lain. Di antaranya adalah myBUFC yang didirikan pada September 2007 demi mengambil alih Biggleswade United FC. Di Denmark, muncul Mitsuperligahold pada Agustus 2007.





6 BULAN

Umur MyFC saat resmi mengambil alih 51 persen kepemilikan Ebbsfleet. Dalam waktu itu, situs tersebut berhasil menarik minta 50.000 orang yang 20.000 di antaranya bergabung sebagai mendapatkan keuntungan materi dari deal ini. Mereka murni hanya memberikan uang guna diinvestasikan oleh MyFC. Partisipasi mereka pun bisa putus jika tak memperpanjang untuk setahun berikutnya.

550.000 POUNDS

Jumlah dana yang digunakan MyFC untuk mengambil alih 51 persen kepemilikan Ebbsfleet. Itu diperoleh dari biaya keanggotaan yang jumlahnya 35 pounds per anggota per tahun. Rinciannya, 27,5 pounds digunakan untuk pembelian klub sementara 7,5 pounds dialokasikan untuk biaya website.


WILL BROOKS


Inilah sosok sensasional di balik keberhasilan MyFC. Ide pemilikan klub oleh fans muncul di kepala copywriter sebuah perusahaan advertising ini sejak Februari 2005. Brooks bukan orang yang asing dengan sepak bola. Pada pertengahan 1990-an, dia mendirikan sebuah kelompok suporter bagi sebuah klub London. Kemudian, dia selama lima tahun menjadi penulis majalah Match of The Day.

LIAM DAISH



Fungsinya sebagai manajer diturunkan menjadi pelatih kepala. Tugasnya terbatas hanya mempersiapkan tim untuk setiap pertandingan. Dia tak lagi berwenang menentukan susunan pemain plus pembelian dan penjualan pemain. Pasalnya, kewenangan itu beralih kepada para anggota MyFootballClub.co.uk yang berstatus pemilik plus manajer tim.

Sumber : Tabloid Soccer

Tidak ada komentar:

KAMU DI KOTA MANA??

Sign by Danasoft - Myspace Layouts and Signs