SELAMAT DATANG!!!!!

SILAKAN MEMBACA BLOG SAYA, KALAU ADA KEKURANGAN KASIH COMMENT DI SHOUTBOX YAAAA

Minggu, 22 Juni 2008

FootbalClassic : Vaclav Jezek

PENGHARUM EROPA TIMUR TERAKHIR

Sukses mengantarkan Cekoslovakia menjadi kampiun Euro 1976, Jezek dinobatkan sebagai pelatih terbaik sepanjang masa



Selepas Uni Soviet menjuarai Euro 1960, dalam kurun waktu satu dekade lebih takada lagi negara dari Eropa timur yang berjaya di Eropa. Ciri khas permainan Eropa Timur yang mengutamakan kolektivitas seakan mati suri. Beruntung Cekoslovakia menyelamatkan nama Eropa Timur, setelah menjuarai Euro 1976.

Otak sukses Cekoslovakia tak lain dari Vaclav Jezek. Bisa dibilang Jezek adalah pelatih terakhir yang mengharumkan Eropa Timur di kancah sepak bola. Pasalnya, setelah Cekoslovakia, tak ada lagi negara Eropa Timur yang menjadi juara Euro.

Jezek menangani Cekoslovakia sejak 1972 setelah sebelumnya berkelana di Belanda bersama ADO Den Haag (1969-1972). Meski bersama ADO tak mendapat gelar, namun hal itu tak menurunkan kredibilitas Jezek sebagai salah satu pelatih hebat. Sebelumnya Jezek mengantarkan Slavia Praha menjuarai liga domestik pada 1964-65 dan 1966-67.

Oleh sebagian pemain, penunjukan Jezek sebagai pelatih dianggap sebagai keputusan tepat. Sebelum menghadirkan trofi Henry Delauney, salah satu andalan Cekoslovakia saat itu, Antonin Panenka, mengaku sangat senang dilatih oleh Jezek.

"Jezek memang dikenal sebagai pelatih yang keras dan sangat mengutamakan kedisiplinan. Namun, hal itu tidak terlalu masalah lantaran reputasinya telah terbukti. Bersama dia permainan kami lebih enak dan juga lebih agresif," papar Panenka seperti dirilis situs www.idnes.cz.

MENGGEBRAK DI BELGRADE

Bersama asistennya yang kelak akan menjadi sukseornya sebagai pelatih timnas Cekoslovakia, Josef Venglos, Jezek menerapkan disiplin tinggi untuk membentuk tim yang tangguh. Seperti diceritakan anaknya, Pavel Jezek, dalam wawancara di www.idnes.cz.

"Saat itu umurku baru 15 tahun. aku kerap diajak ayahku untuk untuk melihat langsung dia melatih para pemain. Ayahku memang keras dan sangat disiplin. Meski sebatas latihan, tak ada yang diperbolehkan untuk bercanda. Pemain yang masuk ke skuad timnas benar-benar pemain pilihan," papar Pavel.

Toh, tak sia-sia kerja keras Jezek. dalam tempo 4 tahun Cekoslovakia muncul sebagai tim kuat. Sebenarnya, di Euro 1976, Cekoslovakia bukanlah unggulan. Apalagi di partai final Cekoslovakia bertemu dengan mengutamakan kolektivitas permainan yang diterapkan Jezek cukup ampuh. Sempat unggul 2-0 pada 25 menit pertama, Jerman Barat berhasil menyamakan keududukan dan memaksa adu penalti. Toh, mental Josef Capkovic cs telah terbentuk di tangan dingin Jezek. Cekoslovakia pun jadi kampiun Euro 1976 setelah menang adu penalti.

Jezek memang laik jadi pelatih termahsyur di Cekoslovakia. Dia telah mengabdikan seluruh hidupnya untuk sepak bola. Setelah sempat berkarier sebagai pemain, JEzek memutuskan menjadi pelatih saat umurnya baru 26 tahun.

Jika Jezek tidak menuruti kata hatinya untuk terus berprofesi sebagai pelatih, mungkin Cekoslovakia tak akan pernah menjadi juara Euro. Ya, Jezek memang sempat mencicipi dunia fill sebelum akhirnya fokus untuk menjadi pelatih. Kini profesi sebagai pemain film diteruskan oleh anaknya, Pavel.

Jezek meninggal pada 27 Agustus 1995 di Praha dalam umur 72 tahun. Meski Cekoslovakia telah terpecah menjadi Republik Ceko dan Slovakia, namun kehebatan Jezek terus dikenang oleh masyarakat kedua negara yang sebelumnya menjadi satu tersebut.

FAKTA JEZEK :
Nama Lengkap : Vaclav Jezek

Lahir : Zvolen (Slovakia), 1Oktober 1923

Karier Pemain : SK Jaromer (1942-1944), Spartak Hradec Kralove (1944-1947), Slavie Branska Bystrica ( 1947-1949)

Karier Pelatih : Tatran Liberec (junior), Department Liberec (junior), Locomotive buenos aires , Dukla Praha (junior), Sparta Praha (1964-1969), ADO Den Haag (1969-1978), Feyenoord Rotterdam (1978-1982), Sparta Praha (1983-84), FC Zurich (1984-1986), Sparta Praha (1986-1991)

Sumber : Tabloid Soccer

Tidak ada komentar:

KAMU DI KOTA MANA??

Sign by Danasoft - Myspace Layouts and Signs