SELAMAT DATANG!!!!!

SILAKAN MEMBACA BLOG SAYA, KALAU ADA KEKURANGAN KASIH COMMENT DI SHOUTBOX YAAAA

Sabtu, 14 Juni 2008

FootbalClopedi : MOHUN BAGAN AC

Klub Tertua di Asia


Kamis, 15 Gaustus 1889. Sebuah tonggak sejarah tercipta pada hari itu di villa milik keluarga Mitra di Kalkuta. Di sanalah secara resmi didirikan sebuah klub olahraga bernama Mohun Bagan Athletic Club. Meski berdiri sebagai klub olahraga secara umum, olahraga yang pertama kali dimainkan adalah sepak bola. Fakta itu membuat Mohun Bagan tercatat sebagai klub sepak bola pertama di Asia.

Kiprah klub ini mulai mencuat tatkala bergasil menjuarai Piala Indian Football Association (IFA) Shield pada 1991 dengan mengalahkan Resimen East Yorkshire di final, 29 Juli. Itu adalah kemenangan Mohun Bagan pertama klub India atas klub asing. Hari kemenangan itu lantas ditetapkan sebagai hari besar klub dngan sebutan Mohun Bagan Day. Setiap tahun selalu diadakan perayaan yang diwarnai pemberian penghargaan Mohun Bagan Ratna kepada para pemain legendaris klub itu.

Hingga kini, Mohun Bagan tercatat sebagai klub India dengan jumlah suporter terbsesar, diperkirakan berkisar 70 juta orang. Dari sisi prestasi, klub ini tercatat sebagai klub India yang mengoleksi paling banyak kemenangan di ajang Liga Champions Asia.

Sebagai klub kebanggaan nasional, pemerintah India sampai sudi membuatkan perangko khusus seri Mohun Bagan sebagai satu-satunya klub yang dibuatkan perangko khusus pemerintah.

Uniknya, klub ini punya dua markas. Jika berlaga di Premier League IFA-Kalkuta mereka menggunakan Stadion Mohun Bagan Ground. Sementara jika berlaga di kancah Premier League NFL, Stadion Salt Lake jadi pilihan.

Sumber : Tabloid Soccer

Tidak ada komentar:

KAMU DI KOTA MANA??

Sign by Danasoft - Myspace Layouts and Signs