SELAMAT DATANG!!!!!

SILAKAN MEMBACA BLOG SAYA, KALAU ADA KEKURANGAN KASIH COMMENT DI SHOUTBOX YAAAA

Sabtu, 05 April 2008

FootballClassic : Stadion Highbury

KEAGUNGAN DALAM KESEDERHANAAN



Bagi masyarakat London, bahkan Inggris, stadion Highbury memiliki banyak arti. Meski rancangan sederhana dan ukurannya tak terlalu besar, stadion di London utara ini memiliki citra keagungan yang cukup sakral. Apalagi bagi pemain Arsenal, Highbury bak rumah terindah yang sulit ditinggalkan. Jarak antara penonton dan lapangan yang tergolong paling kecil di Inggris (101 x 67 meter), membuat kedekatan suporter dan pemain begitu erat. Ikatan emosinya pun sangat besar. seolah, bermain di stadion itu seperti berinterkasi dengan penonton secara konstan.
Wajar jika jika para pemain Arsenal merasa memiliki kekuatan lebih jika tampil kandang. Mereka merasa memiliki energi lebih. "highbury sejajar dengan Satde de France di Perancis. Bermain di stadion ini memiliki hubungan begitu aneh dan membangkitkan semangat. ada gairah besar, komitmen, dan kehangatan antara pemain dan suporter. Saya akan selalu merasakan hal itu sampai akhir hayat nanti," kata mantan pemain The Gunner, Emmanuel Petit.
"Benar. Beruntung Arsenal punya Highbury. Setiap tampil kandang, Arsenal sulit dikalahkan. Ada kekuatan ekstra yang begitu nyata di sini," timpal eks The Gunners lain, Niall Quinn. Selama bermarkas di stadion ini, The Gunners meraih 73 gelar di berbagai turnamen dan kompetisi. Raihan prestasi yang cukup menajubkan. Kebesaran Arsenal tak bisa dipisahkan dari stadion ini. Highbury juga pernah melambungkan kebanggaan dan harga diri bangsa Inggris. Tepatnya pada 1934, ketika Inggris menantang juara Piala Dunia tahun tiu, Italia. Dengan gagah, Inggris mengalahkan Italia 3-2. sepak bola ingggris bisa bertepuk dada. Seolah mereka memproklamirkan diri sebagai juara dunia tanpa mahkota.
Keberuntungan Arsenal memang ada di Highbury. Pada 1999-2000, Arsenal sempat memakai Wembley untuk pertandingan Liga Champions. Haslinya sangat buruk. Dari 6 partai hanya menang 2 kali, seri sekali, dan kalah 3 kali. Maka, Arsenal kembali memakai Highbury di semua kompetisi. Itu karena Highbury begitu matang sebagai stadion. Dibangun tahun 193, highbury menjadi bagian dari catatan sejarah sepak bola maupun sejarah umum bagi Inggris. Di sini pula keselamatan negara pernah dipertaruhkan. Pada Perang Dunia II, Inggris sempat kecolongan dan diserang bom oleh musuh-musuhnya. Sebuah bom sempat mengahantam beberapa wilayah London, salah satunya menghancurkan teras utara highbury.
Justru karena letaknya yang begitu strategis dalam strategi perang, Highbury akhirnya ddigunakan pemerintah Inggris sebagai pusat ARP (Air Raid Precaution). Semacam pusta pencegahan serangan udara. Stadion ditutup untuk sepak bola. Arsenal terpaksa meminjam stadion arch-rival-nya (Tottenham Hotspur) White Hart Lane. Setelah perang, stadion ini kembali bersinar Bahkan, tak hanya sepak bola yang digelar di sini. Pernah dipakai pula untuk baseball bahkan tinju. Tentang tinju, duel yang paling berkesantentu perebutan gelar dunia kelas berat antara Muhammad Ali melawan Henry Cooper pada 1966.

DUA VERSI

Arsenal awalnya bermarkas di Manor Ground, Plumstead, bagian timur London. Tapi karena tempat itu juga bagian dari areal olahraga dan rekreasi sekolah setempat, klub terpkasa mencari tempat baru. Arsenal harus pindah cepat. Highbury menjadi pilihannya. Pembangunan stadion dilaksanakan agak terburu-buru. Dana yang dikeluarkan hanya 215.000 pounds. Cukup sederhana untuk ukuran waktu itu, tapi ternyata lumayan memuaskan. Sebab, antusiasme penonton terbilang tinggi. Didesain oleh arsitek bernama Archbald Leitch, stadion ini awalnya hanya memiliki tribun di sisi timur. 3 sisi lainnya hanya areal penonton tanpa kursi dan atap. Itu versi pertama Highbury.
Awal 1930, dengan desain arsitek Claude Waterlow Ferrier dan William Binnie, tribun barat didirikan. Stadion ini menjadi tampak megah. Tahun 1932, renovasi itu selesai dengan biaya hanay 45.000 pounds. Desain keuda arsitek itu dilanjutkan pada 1936. tribun timur bikinan Leitch diganti baru dan keseluruhan stadion pun selesai dengan menghabiskan 130.000 pounds. Di tribun selatan diberi jam dinding beaar. Sehingga, sisi itu terkenal dengan Clock End. Meski bentuknya kotak lugu, Highbury punya kekhasan tersendiri.
Renovasi kecil-kecilan sebenarnya sering dilakukan. Tapi, bentuk alam tetap bertahan. Sehingga, kewibawaan Highbury tetap terjaga. "Stadion ini dibangun di awal abad ke-20, tapi kini kewibawaannya tak kalah dari stadion megah lainnya," puji eks epmain Arsenal, frank McLintock. Bentuknya boleh sederhana dan kecil. tapi maknanya begitu agung, penuh wibawa, dan punya sejarah indah.


FAKTA HIGHBURY :

Nama resmi : Stadion Arsenal
Julukan : Highbury
Berdiri : 6 september 1913
Alamat : Avenell Road,Highbury, London,N5 1BU
Kapasitas : 38.500
Partai pertama : Anrsenal 2-1 Leicester Fosse
Kekuatan lampu : 2.500
Luas Lapangan : 101 x 67 meter
Status : Bintang tiga
Penoton terbanyak : 73.295 (Arsenal vs Sunderland, 9 Maret 1935)
Penonton tersedikit : 4.554 (Arsenal vs Leeds United, 5 Mei 1996)





SUMBER : TABLOID SOCCER




Tidak ada komentar:

KAMU DI KOTA MANA??

Sign by Danasoft - Myspace Layouts and Signs