SELAMAT DATANG!!!!!

SILAKAN MEMBACA BLOG SAYA, KALAU ADA KEKURANGAN KASIH COMMENT DI SHOUTBOX YAAAA

Jumat, 18 April 2008

SoccerClopedi : Raoul Diagne

PERINTIS MULTIRAS LES BLEUS

Nama Raoul Diagne memang tak seharum Zinedine Zidane, Patrick Vieira, Thierry Henry atau Christian Karembeu. Tapi, faktanya dia punya andil besar dalam keragaman di timnas Perancis sekarang ini. Diagne adalh pemain kulit berwarna pertama yang membela Les Bleus. Dia melakukan debut pada 15 Feburari 1931 ketika timnas Perancis dikalahkan Cekoslovakia 1-2.
Setelah itu, muncul nama-nama imigran lain yang menjadi penggawa Les Bleus. Sebut saja Ali Benouna, seorang muslim keturunan Aljazair, dan Larbi Ben bArek, pemain yang berasal dari Casablanca. Ketiganya mejadi pemberi warna sekaligus pendobrak batas rasial di sepak bola pada dekade 1930-an.
Latar belakang Raoul cukup unik. Kedatangannya ke Perancis sangat dipengaruhi oleh penunjukkan sang ayah., Blaise Diagne yang juga Wakil Walikota Dakar sebagai perwakilan
Senegal di Majelis Nasional Perancis. Blaise sendiri adalah orang kulit hitam pertama yang terpilih sebagai anggota majelis tersebut.
Raoul lantas bergabung dengan Racing Paris pada 1930 sebagai pemain belakang. Dia menjadi bintang di klub itu hingga akhirnya ditarik ke timnas Perancis. Antara 1931-40, pemain kelahiran Guyana, 10 November 1910 ini bermain 18 kali untuk Les Bleus dan menjadi salah satu pemain yang dibawa pelatih Gaston Barreau ke Piala Dunia 1938.
Keberadaannya di timnas Perancis adalah sebuah isyarat bahwa sepak bola bukanlah sebuah identitas nasional di negeri itu. Sebuah fenomena unik mengingat pada dekade 1930-an, banyak negara Eropa yang menjadikan sepak bola sebagai bagian dari kebanggaan nasional.
Setelah era Diagne, makin banyak pemain imigran dari berbagai negara yang mencuat dan menjadi andalan Les Bleus. Bahkan, beberapa di antaranya menjadi bintang-bintang yang membawa keharuman bagi negeri asal Nepoleon. Bonaparte itu. Salah satunya adalah saat Les Bleus menjuarai Piala Dunia 1998.




Sumber : Tabloid SOCCER

Tidak ada komentar:

KAMU DI KOTA MANA??

Sign by Danasoft - Myspace Layouts and Signs